Sejarah Tradisi Memberi Karangan Bunga di Indonesia hadir untuk menawaran produk berkualitas, proses dan pengiriman tepat waktu 
FINAZ FLORIST

Toko Bunga di Jakarta

Telp/WA : 0817 017 1213

Product :

Flower Board   ||   Standing Flower   ||    Table Flower   ||   Handbouquet

CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 02-01-2021 19:09:52 toko bunga di jakarta pusat

Karangan bunga papan seperti di Toko Bunga di Jakarta Pusat bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia. Pajangan khas Indonesia ini biasa digunakan untuk memberikan ucapan selamat untuk pernikahan, kelahiran, peresmian perusahaan, atau perayaan lainnya, serta ungkapan belasungkawa untuk pemakaman.

Anggapan di masyarakat apabila sebuah acara atau seseorang mendapatkan banyak kiriman karangan bunga papan, maka ia adalah orang penting yang memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk orang banyak. Semakin besar suatu acara atau semakin terkenal seseorang, maka akan semakin banyak kiriman karangan bunganya.

Pada karangan bungan papan Toko Bunga Terdekat di Jakarta Pusat ini, pesan-pesan sebagai ungkapan apresiasi ini ditulis dengan huruf-huruf yang terbuat dari stereofoam dan dihias menggunakan beberapa bunga plastik. Bahan yang digunakan sebagai papan biasanya terbuat dari stereofoam yang dirancang penuh warna.

Nantinya karangan bunga papan ini ditempatkan di depan rumah atau gedung tempat penyelenggaraan acara. Tapi seringkali juga dipajang secara berkelompok di jalanan apabila sang empunya acaranya mendapat kiriman yang cukup banyak.

Meskipun bunga papan di era sekarang dianggap tidak begitu efektif karena seringkali setelah dipajang hanya mengotori jalanan dan menggunakan bunga palsu dari kain atau plastik, tradisi ini masih tetap berjalan cukup kuat di kalangan masyarakat.

Hal ini disebabkan faktanya beberapa orang senang jika namanya sudah terukir pada bunga papan, apalagi jika dituliskan dengan huruf yang besar-besar dan menggunakan warna-warna yang mencolok.

Sejarah tradisi karangan bunga papan di Indonesia ini tidak bisa dilepaskan dari masa kerajaan Hindu di Indonesia. Saat itu, ada seorang raja yang sedang melangsungkan pernikahan, maka istana kerajaan penuh berhiaskan berbagai macam karangan bunga. Tak ketinggalan, kiriman bunga dari kerajaan-kerajaan tetangga juga memenuhi istana raja sebagai tanda penghormatan.

Lalu di tahun 1970-an, karangan bunga papan ini lebih dikenal dengan istilah steekwerk yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu steek yang artinya sulam dan werk yang berarti pekerjaan. Bila digabung, artinya adalah sebuah kegiatan membuat sulaman di atas sebuah media. Media ini sangatlah beragam, bisa berupa gambar, tulisan, atau hiasan pendukung lainnya.

Hingga tahun 80-an, para pedagang bunga menggunakan istilah steekwerk untuk bunga papan saja. Bentuknya juga jauh berbeda dengan bunga papan zaman sekarang.

Karangan bunga papan di Jakarta tahun ’70-an dibuat dari gulungan tanaman rambat di kebun-kebun kosong yang masih banyak tersedia di Jakarta. Gulungan tanaman kemudian dirapatkan dan dipadatkan, lalu diletakkan di atas bambu besar yang dibentuk menjadi sebuah papan besar berukuran 3 x 2 meter.

Sebuah kain berukuran besar ditambahkan untuk mentupun gulungan pohon rambat tersebut. Bunga suyok (bunga sejenis marigold) berwarna kuning disulam membentuk berbagai tulisan seperti “Selamat berbahagia” dan “Selamat dan sukses”.

Jadi, istilah karangan bunga papan saat ini adalah terjemahan dari kata steekwerk, yakni sebuah rangkaian bunga berada di atas media kotak menyerupai papan. Tak hanya itu saja. Pedagang juga mengadopsi istilah dari para pembeli luar negeri yang menyebutnya “flower of board”, yang kemudian diterjemahkan menjadi bunga papan oleh pedagang bunga di Jakarta.

Saat ini, mengirimkan karangan bunga papan sudah menjadi sesuatu yang umum dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada kolega, keluarga, atau teman. Karangan bunga papan pun sudah menjadi salah satu variasi produk dijual oleh florist di berbagai daerah seperti sudah di kenal pada Toko Bunga di Jakarta Pusat




Beli Bunga Papan di Koja

SELAMAT DATANG DI FINAZ FLORIST Sejarah Tradisi Memberi Karangan Bunga di Indonesia Lalui Bunga, FINA ...